Definisi Komputer

Sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat dapat menyimpan data input serta memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. (Saders, Donald, 1985)
Alat elektonik yang dapat melakukan serangkaian tugas (I/O) memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Bilssmer, Robert, 1985)

jadi dari pendapat di atas bisa disimpulkan bahwa Definisi Komputer adalah :
  • Dapat Mengolah Data
  • Memberikan Informasi
  • Alat Elektronik
  • Dapat menerima Input Data
  • Menggunakan Suatu Program yang tersimpan di Memori

Organisasi Komputer

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
Contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hardware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
Contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Struktur Komputer

Empat Struktur Utama Komputer yaitu :
  • CPU : Pengontrol operasi computer dan pusat pengolahan fungsi-fungsi computer.
  • Memori Utama : Sebagai Penyimpan Data.
  • I/O : Memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  • Hasil gambar untuk struktur komputer
    Struktur komputer & CPU
  • System Interconnection : Sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.
Struktur CPU
Empat Struktur Utama CPU yaitu :

  •  Control Unit : Mengontrol operasi CPU dan mengontrol computer secara keseluruhan. 
  • Arithmetic dan Logic Unit : Membentuk fungsi-fungsi  pengolahan data komputer.
  • Register : Penyimpan internal bagi CPU.
  •  CPU Interconnection : Menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
Fungsi-fungsi Komputer


  • Fungsi operasi komputer sebagai penyimpan data
    Fungsi komputer sebagai penyimpan data adalah untuk mengamankan banyak data yang suatu saat nanti data tersebut akan di gunakan kembali untuk diolah dan semua data di dalam komputer disimpan dalam sebuah Harddisk.
  • Fungsi operasi komputer sebagai pengolah data
    Manusia menggunakan komputer untuk mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Fungsi dasarnya berupa :
    1. Mengambil program dan data (masukan / input).
    2. Menyimpan Program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan.
    3. Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan.
    4. Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.
    Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide,objek, dan lain-lain tergantung kebutuhan dari pengguna komputer tersebut. Dan proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software. Beberapa contoh program pengolah data, yaitu D Base, Microsoft Access, FoxPro.
  • Fungsi operasi komputer sebagai pemindah data
    Fungsi komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirim atau menerima data dari komputer satu ke komputer lainnya, agar proses pengolahan data lebih mudah. Cukup dengan cara memindahkan data dari sebuah peripheral atau saluran komunikasi ke perangkat lainnya. Contoh : Keyboard ke Screen.
  • Fungsi operasi komputer sebagai sistem kontrol
    Fungsi komputer sebagai sistem kontrol adalah di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.
Mesin Multi Level
Mesin Multi Level berarti tingkatan Bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan 
tingkat kemudahan komunikasi antara manusia dengan computer untuk menjalankan instruksi.

Logika Mesin Multi Level
  • Level 0 atau level device yang masuk dalam lingkup rekayasa elektronik.
    Program yang ada pada level ini merupakan bahasa mesin L0 yang dapat dijalankan langsung oleh sirkuit-sirkuit elektronik.
  • Level 1 memiliki bahasa mesin L1.
    Bahasa ini harus diterjemahkan dahulu oleh suatu interpreter ke dalam bahasa mesin L0.
  • Level 2 Level ini tidak dapat langsung diterima oleh sirkuit elektronik, namun harus diterjemahkan oleh interpreter ke Bahasa Mesin L1
  • Level n. diterjemahkan ke Bahasa mesin pada tingkat di bawahnya
  • Demikian seterusnya, sehingga Level n harus diterjemahkan dahulu ke dalam bahasa mesin pada tingkatan di bawahnya.
Mesin 6 Level

Komputer Sebagai Mesin 6 Level
  • Level 5 Manusia berkomunikasi dengan computer tanpa perlu mempelajari Bahasa mesin.
  • Level 4 Bahasa rakitan implementasi dikerjakan oleh programmer aplikasi.
  • Level 3 Sistem operasi level pengaturan mesin yang dilakukan oleh perangkat lunak atau sistem operasi.
  • Level 2 level arsitektur atau ISA (Instruction Set Architecture). Berisi instruksi-instruksi dasar mesin yang umumnya terdapat pada buku panduan yang diterbitkan oleh vendor pembuat mesin.
  • Level 1 Arsitektur mikro, terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor (ALU). Berfungsi sebagai interpreter atau penerjemah instruksi dari level di atasnya.
  • Level  0 – 3 dimana implementasi dikerjakan oleh programmer sistem.
  • Level 0 level logika digital. Merupakan hardware dari mesin. Logika digital dibentuk dalam satu komponen analog, contohnya transistor dll.
Definisi Sistem & Komputer

Sistem : Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang
bertujuan untuk mencapai suatu target.

Komputer : Sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan
tepat dapat menyimpan data input serta memprosesnya dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
(Saders, Donald, 1985)

Sekumpulan elemen yang berjalan menggunakan komputer untuk mencapai suatu
target atau tujuan tertentu.

Hardware
Suatu perangkat keras atau rangkaian elektronika yang sifatnya nyata dan dapat
disentuh oleh manusia yang bertujuan untuk mendukung proses komputerisasi.
Contoh : Monitor, Mouse, Keyboard.

Komponen Utama Perangkat Keras

Perangkat keras komputer terdiri dari 4 komponen utama :
  1. Input Device
  2. Central Processing Unit
  3. Storage (memory)
  4. Output Device
1. Input Device

Peranti masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal : 
  1. Cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio.
  2. Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus).
  3. Derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Contoh : papan ketik, peranti penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.). (Wikipedia, 2019)
2. Central Processing Unit

Central Processing Unit Merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang memproses aritmatika dan logika serta pengendalian komputer secara keseluruhan.

Bagian Utama Prosesor

  1. ALU (Arithmetic Logic Unit) satu bagian dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dan logika. Tugas utamanya adalah melakukan semua perhitungan aritmatika dan logikanya sesuai dengan instruksi yang diberikan program.
  2. Unit Kontrol (Control Unit) merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU.
Tugas Control Unit
  • Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem computer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
  • Mengartikan instruksi-instruksi dari program computer.
  • Membawa data dari alat input ke memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama untuk diolah.
  • Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama untuk disimpan kembali, lalu kemudian diberikan ke alat output.

3. Memory

Bagian dari sistem computer yang berfungsi untuk menampung/menyimpan data maupun program.
Berdasarkan fungsinya, memori terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Primary Memory : Digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan.
  2. Secondary Memory : dipergunakan untuk menyimpan data atau program secara permanen.

Berdasarkan media penyimpanannya, memory dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Internal Storage :
    1. RAM (Random Access Memory) memori utama yang digunakan untuk membaca atau menulis data sekaligus menyimpan data, namun bersifat sementara (VOLATILE).
    2. ROM (Read Only Memory) memori yang hanya dapat membaca saja. ROM telah diberikan program-program untuk mengatur instruksi untuk menyalakan komputer.
  2. Eksternal Storage : Perangkat penyimpanan sekunder yang digunakan computer untuk menyimpan data secara permanen. Contohnya : Harddisk, Flashdisk, Kartu Memori.
4.Output Device
  • Peranti keluaran (bahasa Inggris: output device) adalah peranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer.
  • Hasil pemrosesan tersebut dapat berupa visual dan non visual
Cara Kerja Sistem Komputer

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP).
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer.
Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut. Berikut dibawah ini penjelasannya.

  • Input
    Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Misalnya keyboard, untuk memasukkan huruf, angka ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses dan dimunculkan di layar monitor.
  • Process
    Data yang telah dimasukkan melalui peralatan input akan diproses yang dilakukan oleh processing device yaitu CPU Yang dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan Unit aritmatika dan logika (ALU) dan juga mengontrol (CU).
  • Output
    Data yang tadinya telah dimasukkan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.
  • Storage
    Data yang telah diproses dapat disimpan pada media penyimpanan. Contohnya Harddisk atau flashdisk agar nantinya bisa digunakan kembali.


Software (Perangkat lunak)

Software adalah program yang dijalankan pada komputer atau sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer. Software tersebut berisi instruksi yang akan dijalankan oleh komputer. Secara garis besar, fungsi Software adalah sebagai interaksi antara perangkat keras dan manusia.
Berdasarkan kegunaannya, Software terdiri dari : Sistem operasi, aplikasi dan program utilitas.

Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen
perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem.
Contoh sistem operasi: Windows, MacOS, Linux, FreeBSD.

Program Aplikasi

Program Aplikasi merupakan Subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna, program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membantu pekerjaan dari penggunanya.
Contohnya : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw.

Program Utility

Merupakan program yang berfungsi untuk membantu tugas komputer dalam melakukan maintenance/perawatan agar dapat menjaga kestabilan maupun performa CPU.
Contohnya : Anti Virus, Partition Magic, Cleaner.

Lisensi Software

Tidak semua software tersebut didapat secara gratis, terdapat beberapa lisensi yang ada pada setiap software.
Lisensi tersebut terdiri dari : Freeware, Shareware, Adware dan Open Source.
  • Freeware
    Software tersebut gratis untuk penggunaannya.
    Meskipun gratis, pengguna tidak dapat melihat source code/sintaks dari software tersebut. Artinya pengguna tidak dapat melakukan pengembangan terhadap software tersebut.
  • Shareware
    Software tersebut dapat diunduh hanya untuk dicoba (Trial).
    Software jenis ini biasanya tidak menampilkan fitur-fiturnya secara keseluruhan untuk digunakan.
    Software ini juga biasanya memiliki batasan untuk percobaan selama beberapa hari, jika pengguna ingin menggunakan dengan jangka panjang atau menggunakan semua fitur-fiturnya, maka pengguna harus membeli lisensinya.
  • Adware
    Software jenis ini gratis dapat diunduh dan disebarkan (copy-paste) tanpa lisensi. Meskipun demikian, software ini memiliki banyak iklan saat pengguna membukanya.
  • Open Source
    Software yang dapat dimodifikasi source codenya oleh pengguna.
    Source code yang telah dimodifikasi tersebut dapat didistribusikan secara luas.
    Meskipun demikian, hasil source code modifikasi tersebut harus mencantumkan nama asli software tersebut.
Brainware (User)

Brainware merupakan sebutan lain terhadap orang yang terlibat dalam pengoperasian
komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan